Kominfo Akan Blokir ChatPGT. Berikut Ini Alasannya - TEKNO

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

Kominfo Akan Blokir ChatPGT. Berikut Ini Alasannya

Jumat, 03 Maret 2023


Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) menyatakan bisa memblokir ChatGPT. Alasan ChatGPT dilarang oleh pemerintah karena platform tersebut tidak terdaftar di OpenAi sebagai operator sistem elektronik ( PSE ) Indonesia .


"kita lihat nanti , dia sudah masuk pasar Indonesia . _ Kalau jadi sasaran , dia akan menulis surat untuk mendaftar ke PSE , ” kata Semuel Abrijani , Direktur Aplikasi Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika . _ _ Pangerapan mengatakan , Kamis (23 Februari 2023).


Semuel menambahkan , pihaknya akan menginvestigasi terlebih dahulu layanan yang ditawarkan oleh ChatGPT miliknya di Indonesia . Jika Anda termasuk dalam kategori PSE yang memerlukan pendaftaran , ChatGPT juga memerlukan pendaftaran. "Saya tidak tahu yang mana dari enam kategori dia . Apakah dia akan dibayar ? Ketika dia


Iya , dia harus ( mendaftar ) , ” ujarnya . Aturan tentang PSE swasta diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan dan Informasi Operator Kelima


terdaftar untuk sistem elektronik sipil pada tahun 2020. Berdasarkan peraturan , ada enam kategori PSE yang harus didaftarkan . Berikut daftarnya :


1. PSE yang menawarkan, mengelola dan / atau menyelenggarakan penyediaan dan/atau perdagangan barang dan /atau jasa .


2. PSE yang menyediakan atau mengelola dan/atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan .


3. PSE yang mengirimkan konten atau materi digital berbayar melalui jaringan data dengan mengunduhnya melalui portal atau situs distribusi , email, atau aplikasi .


4. PSE yang menyediakan , mengelola atau mengoperasikan layanan komunikasi berupa platform layanan jaringan digital _ _ dan media sosial , termasuk namun tidak terbatas pada pesan teks , panggilan suara , panggilan video , email , dan percakapan jaringan .


5. PSE yang menyediakan layanan mesin pencari , teks, gambar, suara, video animasi , musik, film, permainan , atau penawaran informasi elektronik dalam bentuk salah satu atau semua itu .


6. PSE yang mengolah data pribadi untuk kegiatan usahanya menyediakan layanan kepada masyarakat umum sehubungan dengan kegiatan perdagangan elektroniknya . 


ChatGPT sendiri merupakan chatbot OpenAI yang dapat menjawab berbagai macam pertanyaan . _ ChatGPT cukup canggih untuk menjawab pertanyaan sulit sebagai bagian PhD atau MBA Anda . ChatGPT yang dirilis oleh OpenAI memiliki dua versi. Selain versi gratis , OpenAI juga merilis ChatGPT plus dengan biaya berlangganan Rp 297.000 . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar